Diabetes Sangat Berpeluang Menyebabkan Penyakit Jantung

Bagaimana Diabetes Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung? Ketika Anda menderita diabetes, itu berarti Anda memiliki kadar glukosa darah yang lebih tinggi. Jika Anda tidak mengontrol kadar glukosa darah Anda, itu dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang menuju ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung. Orang dengan diabetes cenderung mengembangkan penyakit jantung pada usia yang lebih muda, dibandingkan dengan orang tanpa diabetes.

Penyebab Umum Yang Memicu Terjadinya Penyakit Jantung Pada Penderita Diabetes

Penyebab umum penyakit jantung pada orang diabetes adalah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah di jantung, yang merupakan penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah kita yang memasok oksigen dan nutrisi ke jantung. Saat plak kolesterol di dalam tubuh kita pecah, tubuh akan mencoba memperbaiki pecahnya plak dengan cara mengirimkan trombosit untuk menutupnya. Karena arterinya yang kecil, trombosit bisa menghalangi aliran darah, dan tidak memungkinkan pengiriman oksigen dan serangan jantung berkembang.

Proses yang sama dapat terjadi di semua arteri di tubuh, menyebabkan kekurangan darah ke otak dan akhirnya dapat menyebabkan stroke. Tidak hanya itu, kekurangan darah ke kaki, tangan, atau lengan dapat menyebabkan sirkulasi darah gangguan.

Pada pasien diabetes dewasa, penyebab kematian yang paling umum adalah penyakit jantung dan stroke. Mereka hampir dua kali lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung atau stroke.

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung

Penyakit jantung berkembang dan memburuk dari waktu ke waktu, dan sulit dikenali sejak dini. Tidak ada tanda atau gejala yang jelas. Kebanyakan orang yang hidup dengan diabetes hanya mengetahui bahwa mereka telah mengembangkan komplikasi jantung ketika mereka mengalami serangan jantung atau stroke. Jika ini terjadi, sangat penting untuk mendapatkan perhatian medis segera untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung

Jika Anda hidup dengan diabetes, mengetahui risiko terkena penyakit jantung hanyalah permulaan. Selain memantau kadar glukosa darah Anda, penting juga untuk memantau kesehatan jantung Anda.

  • Pertahankan pola makan yang sehat dan seimbang
    Makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Sumber protein tanpa lemak seperti ayam, ikan, dan kedelai serta karbohidrat kompleks seperti biji-bijian lebih baik untuk Anda.
  • Sementara itu, hindari karbohidrat sederhana seperti minuman ringan dan makanan olahan serta kurangi daging merah yang tinggi lemak dan kolesterol ‘jahat’.
  • Berolahraga secara teratur
    Pilih sesuatu yang Anda nikmati. Bisa jalan-jalan atau jogging di sekitar tempat tinggal Anda, bulu tangkis bersama teman, menari atau Zumba, yoga, atau bahkan berolahraga di gym. Studi menunjukkan bahwa segala bentuk latihan statis atau dinamis dapat mengurangi faktor risiko kardiovaskular sebesar 30% hingga 70%
  • Jaga kadar kolesterol dan tekanan darah Anda tetap terkendali
    Tekanan darah target bagi mereka yang hidup dengan diabetes biasanya di bawah 135/75 mmHg.7 Kunjungi spesialis jantung atau ahli jantung secara teratur untuk memantau kondisi jantung Anda.-
  • Tidur yang cukup. Tidur menurunkan tekanan darah Anda. Ketika Anda tidak cukup tidur, itu berarti tekanan darah Anda tetap pada tingkat yang lebih tinggi. Ini pada akhirnya dapat menyebabkan komplikasi jantung lainnya.
  • Berhenti merokok
    Merokok merupakan salah satu faktor penyumbang utama komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung. Tambahkan diabetes ke dalam campuran, dan Anda berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi jantung.